BUAH CARICA



DiengTANI-Buah carica merupakan salah satu buah khas dari Dataran Tinggi Dieng, jika anda berkunjung ke tempat wisata Dieng, anda akan menemukan banyak pohon carica tumbuh di pinggir lahan petani, buah carica atau biasa disebut papaya carica memiliki nama latin vasconcellea cundinamarcensis merupakan buah yang dapat tumbuh di Dataran dengan ketinggian 1.500 – 3.000 meter di atas permukaan laut.
Pohon carica memiliki ciri-ciri seperti buah pepaya,  daun dan batang sama persis dengan buah pepaya, yang membedakan adalah buahnya, buah carica memiliki ukuran yang lebih kecil dari pepaya biasa, disaat mentah buah ini akan berwarna hijau tua terasa pahit dan setelah matang akan berwarna kuning dan memiliki rasa manis keasaman.
Buah carica berasal dari dataran tinggi Andes, Amerika Selatan. anda juga dapat menemukan buah serupa di pulau Bali dengan nama gedang memedi. Buah carica menjadi buah khas dari Kota Wonosobo, buah ini biasa diolah menjadi manisan carica (carica in syrup), sirup carica, selai carica, keripik carica dan masih banyak produk yang lain.
Kandungan dan Manfaat Buah Carica
Buah carica memiliki kandungan yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh, diantaranya vitamin Vitamin C, Vitamin B komplek, Vitamin E, Vitamin A. Selain itu carica memiliki kandungan serat yang tinggi, begitu juga kandungan enzim papain yang berguna bagi kesehatan.
Buah carica memiliki kandungan serat tinggi yang dapat membantu proses pencernaan, enzim papain dalam buah carica dapat menetralkan pH dalam usus dan membunuh bakteri jahat, kandungan vitamin C yang membentuk kolagen berfungsi untuk mencegah kekerutan pada kulit, Vitamin A dapat menyehatkan mata kita, vitamin B membantu metabolisme dalam tubuh, vitamin E yang berkontribusi dalam mempercantik kulit. dan masih banyak lagi manfaatnya.

Share on Google Plus

About Iwan budiyanto

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar:

Posting Komentar