PELUANG KEBUN PEMBIBITAN DI WONOSOBO




DiengTANI-Tanah agraris indonesia yang subur merupakan sebuah anugerah yang diberikan oleh yang maha kuasa tiada duanya, khususnya daerah wonosobo jawa tengah indonesia merupakan daerah pegunungan yang sangat berpotensi dalam pertanian. Kesuburan tanah di daerah wonosobo sangat mendukung aktivitas pertanian masyarakatnya. Namun kesadaran masyarakat wonosobo tentang pertanian hanya monoton, artinya hanya berkembang pada satu bidang pertanian, misalnya pertanian sayuran yang ada di daerah dataran dieng.

Seharusnya dengan memanfaatkan kesuburan tanah yang ada ditanah wonosobo, masayarakat bisa mengembangkan dengan beberapa alternatif lain selain bertani sayuran, misalnya saja mengembangkan pembibitan buah-buahan. Pembibitan buah mempunyai prospek jangka panjang yang menjanjikan dengan didukungnya lahan yang subur seperti yang dimiliki daerah wonosobo ini. Seperti halnya yang dilakukan seorang pemuda yang tinggal dipojokan daerah wonosobo, yaitu daerah perbatasan antara kabupaten wonosobo-magelang yaitu M. Anis Rifa’i yang memanfaatkan peluang dalam pertanian pembibitan. Yang dilakukan M. Anis Rifa’i tentunya bukan hal baru lagi dalam dunia pertanian, namun ketelitian beliau tentang pemanfaatan sumber daya alam yang ada di wonosobo memang perlu di akui. 


Dengan memanfaatkan lahan seadanya, dimulailah pembibitan yang diberi nama “Sarwodadi Tani” dengan menyediakan hampir semua jenis bibit buah, bibit kayu, bibit sayuran  dll. Mampu menghasilkan omset yang cukup besar. Hal ini tentunya berkembang bukan hanya karena faktor keuletannya tapi juga didukung dari sumber daya alam wonosobo yang memang subur.
“Hampir semua tananam buah, sayur, dan beberapa tanaman kayu bisa dikembangkan di daerah wonosobo. Dengan melihat potensi tanahnya yang subur, tidak ada kendala lagi untuk mecoba bertani didaerah tercinta ini.” Kata M. Anis Rifa’i.
Share on Google Plus

About Iwan budiyanto

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar:

Posting Komentar